Wednesday, June 6, 2007

Just Do The Best for Everything...

Dunia, apa sih arti dunia itu? Mengapa kita harus ada di dunia? Apa tujuan Tuhan menciptakan kita di dunia? Sebenarnya apa yang akan kita cari di dunia ini? Pertanyaan itu selalu berkecamuk di pikiran...Jika saya menanyakan pertanyaan ini kepada orang lain maka akan menjawab bahwa itu sudah merupakan ketentuan Tuhan...Kita harus yakin, yang penting terus beribadah dan berbuat baik agar kita mendapat pahala atau surga...
Semakin aku bertanya semakin bingung orang-orang di sekitarku...Belum ada jawaban yang masuk akal...Akhirnya aku harus menerima jawaban sementara bahwa dalam hidup ini kita harus yakin akan adanya Tuhan...Iya, saya yakin akan adanya Tuhan, karena tidak mungkin ada alam semesta ini jika tidak ada yang menciptakannya...Saya sangat yakin dalam hal itu...Tapi saya hanya ingin mencari tahu rahasia dibalik penciptaan dunia beserta isinya ini, karena Tuha tidak mungkin menciptakan sesuatu yang sia-sia, seperti jika kita ingin membuat sesuatu misalnya menulis buku, maka kita mempunyai tujuan agar buku yang kita tulis ada manfaatnya untuk orang banyak...
Akhirnya saya berkeyakinan bahwa Tuhan mempunyai maksud dalam menciptakan saya, entah apa maksudnya saya belum bisa mencari tahu, hanya saya akan berusaha mencari itu semua, insya allah sampai akhir hayat nanti, amiin...Yang saya yakini saat ini dan untuk seterusnya bahwa hidup ini harus bermanfaat untuk diri sendiri khususnya dan untuk lingkungan kita, baik lingkungan keluarga, masyarakat ataupun khalayak ramai...Untuk itu saya selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan saya dalam mengerjakan segala sesuatu, saya tidak pernah mau mendzalimi orang lain dengan apa yang saya perbuat kecuali jika itu sudah mernjadi prinsip hidup saya. Artinya jika ada yang menentang prinsip hidup saya maka saya tidak akan bisa tunduk kepada orang tersebut...
Dan alhamdulilah dengan motto "Just Do The Best" saya dapat terus mengarungi kehidupan ini dengan mendapatkan yang terbaik...Namun semangat saya untuk melakukan yang terbaik berangsur-angsur turun seiring dengan perkembangan usia...Mengapa? Karena persaingan di Indonesia ini sudah tidak sehat sehingga bukan lagi yang terbaik yang akan mendapatkan hasil tetapi yang bisa menipu yang akan merasakan hasil tersebut...Hal ini saya rasakan ketika keluar SMA tepatnya ketika SPMB...Ujian masuk ke PTN bukan lagi dituntut mempunyai otak yang cerdas dan pintar tetapi dituntut uang yang banyak... Hal ini sudah bukan rahasia umum lagi...Dengan alasan bahwa dana PTN tidak lagi dari pemerintah maka semakin banyak PTN yang membuka jalur-jalur khusus dan tentunya dengan uang yang khusus pula...Hal inilah yang mempersempit peluang bagi orang-orang yang lewat jalur SPMB, dan hal ini terjadi pada diri saya...
Ternyata apa yang saya lakukan selama SD - SMA ini hanya bisa bernilai baik atau tidak dari lulus tidaknya kita ke PTN...Ketika itu saya mempunyai permasalahan keluarga yang sangat pelik sehingga mengganggu konsentrasi belajar saya pada saat itu, sehingga akhirnya saya gagal masuk spmb pada tahun itu...Betapa hancurnya hati saya ketika saya tidak melihat nama saya di daftar peserta yang lulus spmb...Kecewa, Marah, Benci, Sedih semuanya berkecamuk...Kenapa hal ini terjadi? Padahal saya sudah sangat melakukan yang terbaik selama di sekolah, saya bisa menjadi yang terbaik di sekolah, saya bisa mendapatkan nilai terbaik di semua mata pelajaran, saya bisa mengajarkan ilmu-ilmu tersebut kepada teman-teman....Tetapi kenapa predikat terbaik ini harus hilang hanya gara-gara spmb...Ditambah lagi dengan teman-teman saya yang bisa masuk PTN lewat jalur khusus, kenapa mereka bisa berbangga hati dengan hal itu, padahal mereka hanya berkedok uang...Saya berani bertarung dengan mereka semasa SMA, dan saya yakin saya akan menjadi yang terbaik...
Tetapi sudahlah, semuanya tidak akan terulang lagi, saya sangat menyukai ilmu sehingga keinginan saya untuk kuliah sangatlah besar tapi apa daya permasalahan keluarga memaksa saya untuk menunda keinginan...Saya harus mencari uang sendiri untuk kuliah saya...Akhirnya setelah lama terlarut dalam kesedihan saya putuskan untuk bangkit...Saya yakinkan pada diri saya bahwa motto "Just Do The Best" harus tetap saya pegang tidak boleh lepas karena prinsip inilah yang menjadi tumpuan hidup saya...Akhirnya dengan uang seadanya saya masuk program D-1, saya ambil jurusan komputer, di sekolah itu saya menuntut ilmu yang banyak mengenai komputer...Setiap saya mengerjakan tugas apapun, presentasi apapun, ujian apapun selalu diiringi dengan semakin, ayo...lakukan yang terbaik Fa...Dan alhamdulilah lulus dari sana saya mendapatkan predikat cum laude dan mendapat kehormatan untuk memberi sambutan pada acara wisuda...Dari sana saya mulai bangkit lagi, hati ini terasa tergerak dan mengatakan bahwa saya bisa melakukan apa pun yang saya inginkan, Pasti Bisa !!!
Keluar dari sekolah sana saya mempunyai keinginan untuk sekolah di luar negeri, Kenapa? Karena saya ingin persaingan yang sehat, bukan persaingan antar siapa yang paling banyak uang...Saya sudah kecewa dengan sistem pendidikan di Indonesia...Di dalam hati, saya bersikeras untuk dapat kuliah di luar negeri entah bagaimana pun caranya...Pokonya dengan memakai usaha dan uang sendiri tidak meminta-minta dari orang lain...Saya yakin saya bisa, saya akan berusaha untuk itu...
Akhirnya dengan modal ilmu komputer yang saya peroleh dan bantuan dari seorang guru-yang terbaik yang pernah saya punyai, yang terus menemani saya dalam kesulitan- saya membuat software-software komputer yang dibutuhkan oleh orang-orang...Dan alhamdulilah karena dengan prinsip "Just Do The Best" tadi saya dipercaya orang untuk membuat software bagi perusahaan mereka...Walaupun hanya lulusan D-1 tapi saya yakin dalam prakteknya saya bisa bersaing dengan orang lulusan D-3 atau S-1 sekalipun...Hanya saya masih lemah dalam penguasaan dasar-dasar dari komputer itu sendiri seperti bahasa-bahasa assembler ataupun mikrokontroller karena itu membutuhkan ilmu yang spesifik lagi...Dan saya ingin mendapatkan ilmu tersebut di luar negeri sana...
Entah kapan saya akan berangkat ke luar negeri sana...Itu semua merupakan ketentuan Tuhan, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa saja...Mudah-mudahan pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membaca, beginilah gambaran diri saya...Apapun kondisi yang kita dapatkan tetap lakukan yang terbaik janganlah menggerutu karena akan percuma kita menggerutu terus, keadaan tidak akan pernah berubah, yang berubah hanyalah diri kita, apakah kita akan maju terus atau mundur dengan kondisi itu...

No comments: